XL Axiata memperkirakan trafik akan meningkat 30 persen selama libur Lebaran 2022

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengatakan perusahaan telah memastikan jaringannya siap untuk libur panjang Idul Fitri (Lebaran) 2022.

Director & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan kapasitas jaringan meningkat 2x lipat dibandingkan hari biasa.

“XL Axiata juga telah menyiapkan tim jaringan, baik di pusat pemantauan Customer Experience and Service Operation Center (CESOC) di XL Axiata Tower maupun di lapangan. Mereka akan berjaga selama 24 jam hingga akhir musim liburan,” kata Gede dalam keterangan resminya yang diperoleh Okezone, Minggu (5/1/2022).

Gede menjelaskan, perseroan juga telah mengerahkan lebih dari 50 unit mobile BTS untuk memperkuat jaringan di sejumlah titik kunci.
BACA JUGA: 3 Wilayah Ini Tempat Pertama Luncurkan TV Analog

Dia mengungkapkan penguatan jaringan menjadi fokus perusahaan mengingat potensi lonjakan trafik di luar hari-hari biasa.

“Terutama di sepanjang jalur lalu lintas penting dan tujuan wisata serta di pusat keramaian seperti terminal, stasiun kereta api, bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan dan tempat pertemuan populer,” katanya.

Dia memperkirakan kenaikan trafik bisa mencapai 10-30 persen dibandingkan hari biasa.

Menurut dia, euforia masyarakat untuk bisa merayakan Lebaran di kampung halaman tahun ini akan sangat mempengaruhi peningkatan trafik layanan data dan telekomunikasi.
BACA JUGA: 12 Tombol Rahasia WhatsApp Agar Lebih Efektif

Selain itu, lanjutnya, pandemi membuat masyarakat tidak bisa mudik setelah dua lebaran. Beberapa ruas tol baru kini bisa dilalui untuk perjalanan pulang, demikian juga banyak destinasi wisata baru.

Belum lagi berita mudik di media arus utama serta informasi di media sosial juga mendorong masyarakat untuk mudik atau setidaknya pergi berlibur.

Meski Jawa menjadi fokus utama penguatan jaringan, wilayah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok juga menarik perhatian XL Axiata.

Selain itu, jalur transportasi darat di Sumatera juga sedang diperbaiki dengan hadirnya beberapa ruas tol baru, sehingga memudahkan arus mudik ke berbagai provinsi. Untuk memastikan kesiapan jaringan di luar pulau Jawa, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk menjangkau provinsi-provinsi utama.

Sumber :